BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Usaha
Bisnis makanan memang tidak ada habisnya bahkan dapat
dijadikan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Berbagai macam jenis makanan
bermunculan dengan ragam kreatifitas yang menarik dan unik. Makanan biasa
dikreasikan menjadi makanan yang memiliki cita rasa dan nilai jual tinggi.
Salah satunya adalah cup cakes yaitu salah satu jenis makanan yang
merupakan hasil olahan dari tepung terigu.
Rasanya yang enak dan variasi bentuknya yang lucu mampu
menarik minat para konsumen. Keunikan Produk ini adalah produk dari segi bahan
dasarnya yaitu pisang ambon dibuat dengan tepung terigu berkualitas tinggi yang
mudah di dapatkan. Selain itu usaha cup cakes ini ketika nantinya sudah
berkembang maka akan diadakan inovasi yaitu dengan adanya rasa yang bervariasi
diantaranya yaitu ada rasa keju, coklat, blueberry, strawberry, vanilla, melon,
anggur serta rasa green tea. Keunggulan tersebut akan dimulai setelah
memperoleh informasi pasar nanti. Jika aneka rasa tersebut dapat dijalankan dan
dapat menarik minat dari konsumen maka mulailah melakukan inovasi dalam usaha
ini sehingga konsumen tidak akan merasa bosan. Adapun tempat penjualan yang
dicari yaitu lokasi yang ramai misalnya dekat sekolah, perguruan tinggi, perumahan
ataupun dekat dengan jalan raya.
Oleh karena itu
saya tertarik untuk membuka usaha yaitu “Banana Cup Cakes” untuk dijual karena
tidak hanya dijadikan sebagai camilan ringan yang rasanya cukup lezat, namun
juga mulai diminati para konsumen sebagai salah satu bingkisan unik untuk
melengkapi momen istimewa yang mereka adakan.
BAB II
BUSINESS PLAN
A. Visi & Misi
·
Visi :
“Menjadikan “Banana Cup Cakes” sebagai usaha terkenal
dengan berbagai rasa dan bentuk yang bervariasi untuk memuaskan para konsumen”.
·
Misi :
1. Mengutamakan kualitas
dalam pelayanan
2. Berorientasi kepada
kepuasan konsumen
3. Mengembangkan inovasi-inovasi
baik dalam produk maupun pelayanan
4. Mengembangkan usaha di
beberapa tempat strategis lainnya untuk memperluas usaha
5. Menambah wawasan
berwirausaha tentang kue Cup Cakes
B. Identifikasi Usaha
Usaha yang dijalankan
ini diusulkan oleh:
Nama : Nur Izzah Maulidina
Nama Usaha : Banana Cup Cakes
Alamat : Jl. Joyo
Suko Timur Gg. II No. 49, Kec. Lowokwaru, Malang
No. telp. Usaha : 085708817224
Email Usaha : nurizzahmaulidina@gmail.com
C. Ruang Lingkup Usaha
Usaha ini termasuk usaha kecil yang akan di dipasarkan
di daerah Dinoyo seiring berjalannya waktu bisa menjadi usaha besar karena
kalangan manapun bisa menikmati produk cup cakes ini terutama bagi yang suka
pisang dan coklat.
D. Tujuan
1.
Mendapatkan keuntungan
dari produk ini.
- Membuat produk makanan yang mempunyai inovasi baru dan disukai seluruh kalangan masyarakat.
- Memanfaatkan dan meningkatkan hasil olahan dari pisang ambon dan tepung terigu menjadi produk makanan yang bervariasi yang dapat diterima oleh masyarakat luas sebagai salah satu makanan alternatif pengganti cemilan yang mengandung karbohidrat yang enak dan bergizi.
- Memperkenalkan hasil olahan sendiri agar masyarakat mengetahui bahwa Cup Cakes pisang ini mempunyai nilai cita rasa yang tinggi.
BAB III
ANALISIS USAHA
A. Rencana Produk
Banana Cup Cakes ialah kue kecil berbentuk cetakan
mangkok yang dapat dijadikan sebagai camilan ringan yang rasanya cukup lezat.
Adapun bahan utama yang digunakan oleh Banana
Cup Cakes adalah pisang ambon.
B. Produk/jasa yang dihasilkan
Keistimewaan Banana Cup Cakes ini diantaranya :
- Hidangan lezat dan bergizi
- Harga relatif terjangkau oleh semua lapisan masyarakat dalam berbagai umur baik anak-anak, remaja maupun orang tua.
- Disajikan dengan berbagai macam bentuk dan rasa.
BAB IV
DESKRIPSI TENTANG USAHA
A. Jenis Usaha
Jenis usaha berupa usaha rumahan yang menjual makanan
ringan yang lezat dan bergizi dan disajikan dengan berbagai rasa, di antaranya
yaitu :
- Banana Cup Cakes Original
- Banana Cup Cakes rasa Keju
- Banana Cakes rasa strawberry
- Banana Cup Cakes rasa coklat
- Banana Cup Cakes rasa vanilla
- Banana Cup Cakes rasa green tea
- Banana Cup Cakes rasa Blueberry
- Banana Cup Cakes rasa Anggur
Adalapun ukuran cup cakes ini, ada 3 yaitu ukuran kecil, medium dan besar.
B. Prospek Usaha
Usaha ini merupakan usaha menengah, kalangan manapun
tahu dengan produk cup cakes ini. Dalam usaha ini tidak memerlukan banyak orang
karena usaha ini masih relatif kecil dan juga tidak membutuhkan orang yang
memiliki keahlian khusus akan tetapi dibutuhkan sikap tekun dan sabar.
BAB V
RENCANA PRODUKSI
A. Bahan Baku dan Penggunaannya
Bahan-bahan untuk membuat Banana Cup Cakes :
Bahan Baku :
·
1,5 kg Terigu
·
10 butir Telur
·
Pondan secukupnya
·
Bahan Pewarna
secukupnya
·
Lima sendok teh Baking
Powder
·
Soda Kue secukupnya
·
400 gram Margarine
·
1000 ml Susu Cair
·
500 gram pisang ambon,
di haluskan
·
175 gram Gula
·
Garam secukupnya
·
250 gram gula palem
Bahan-bahan untuk
topping :
·
500 gram buttercream
·
750 gram cokelat masak
pekat, dilelehkan
B. Proses Produksi
Adapun cara pembuatan
Banana Cup Cakes adalah :
1.
Pertama panaskan susu
cair serta susu bubuk dan aduk hingga benar-benar larut, lalu matikan apinya.
2.
Setelah itu tambahkan potongan
dark coklat secukupnya dan pisang ambon yang sudah dihaluskan tersebut dan aduk
hingga larut merata.
3.
Lalu masukkan mentega
serta sebagian gula pasir halus ke dalamnya.
4.
Tambahkan kuning telur
yang telah dikocok hingga rata
5.
Tuangkan adonan
tersebut ke dalam tepung terigu sambil di aduk rata dan kemudian adonan di
sisihkan.
6.
Kemudian kocok putih
telur hingga setengah mengembang. Lalu tambahkan sisa gula halus tadi ke
dalamnya sambil terus dikocok hingga benar-benar mengembang.
7.
Masukkan kocokan putih telur
tersebut ke dalam terigu sambil di aduk dengan perlahan.
8.
Tuangkan ke dalam
cetakan muffin yang sudah diberi alas kertas.
9.
Setelah itu oven selama
25 menit dalam suhu 180 celcius hingga matang
10. Untuk toppingnya anda
bisa memanaskan krim kental lalu tambahkan potongan dark cokelat dan aduk
hingga larut merata.
11. Hiaslah bagian atas
cupcake dengan topping yang telah dibuat.
BAB VI
RENCANA PEMASARAN
A. Analisis Persaingan Usaha
Setiap kegiatan untuk memulai usaha harus mengukur
kemampuan terhadap lingkungan atau pesaing yaitu melalui analisis SWOT.
1.
Strength (kekuatan)
Kekuatan produk
Banana Cup Cakes ini ialah :
Potensi lain yang dimiliki oleh usaha Banana Cup Cakes
ini yaitu penjualan Cup Cakes dari bahan dasar buah pisang masih jarang
sehingga masih besar kemungkinan usaha ini untuk menjadi usaha yang cukup
besar, bahan produk yang terjamin sehat dan higienis, mempunyai ciri khas
tampilan dan rasa yang berbeda dengan usaha cup cakes yang lainnya
yaitu rasa yang bervariasi serta harga yang cukup terjangkau.
2.
Weakness (kelemahan)
Tidak dapat bertahan lama, produknya mudah ditiru,
tidak cocok bagi konsumen yang tidak suka buah pisang dan coklat.
3.
Oppurtinity (peluang)
Tempat strategis, ciri khas menu dan tampilan cupcake
yang unik dan dibuat sesuai selera menjadikan usaha ini sangat menjanjikan,
budaya masyarakat yang konsumtif, di Dinoyo khususnya di kawasan Joyo Suko belum
ada yang menjual cup cakes sehingga Banana Cup Cakes mempunyai peluang besar
untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya.
4.
Threath (ancaman)
Banyak saingan yang namanya sudah lebih melambung dan
dikenal konsumen terutama di Donoyo, harga bahan baku yang sewaktu-waktu bisa
naik dapat menyebabkan kenaikan harga cup cakes yang mungkin dapat mengurangi minat
pembeli.
B. Analisis 4P
1.
Product
Brand : Banana Cup Cakes
Quality : Tanpa bahan pengawet
Packing : Menggunakan kertas cup
2.
Price
Untuk harga awal, Banana Cup Cakes dijual langsung
kepada konsumen dengan harga Rp 5000 per pcs.
3.
Promotion
a. Personal Selling :
Pemasaran awal produk kami melalui mulut ke mulut, dimana melalui mulut ke
mulut kemudian terus berkembang.
b. Media Online : memasarkan
produk melalui jaringan internet melalui social media seperti facebook,
twitter, instagram dll.
c. Di lakukan masa promosi
selama 2 minggu pada setiap pembelian 1 paket dengan isi 6 porsi akan
memberikan diskon 5% dari harga tersebut.
4.
Place
Tempat yang dipilih yaitu di Jl. Joyo Suko Timur Gg.
II No. 49 C di pinggir jalan raya dekat sekolah dan Perguruan Tinggi karena
letaknya yang cukup strategis dan mudah dijangkau masyarakat (konsumen).
C. Target Dan Segmentasi Pasar
1. Geografi
Wilayah yang kita jadikan target yaitu wilayah Dinoyo.
Alasan memilih wilayah ini karena bahan-bahan untuk membuat produk ini mudah
ditemukan di daerah ini dan juga belum ada yang menjual Cup Cakes di wilayah
ini. Selain itu, juga akan memperluas usaha ke wilayah-wilayah dan daerah
lainnya.\
2. Demografi
Berdasarkan demografi, secara pasar kami bertuju pada
kalangan pelajar, yaitu siswa dan mahasiswa, hingga masyarakat dan lingkungan
sekitar perumahan dan dipinggiran jalan dengan membuka toko kue Cup Cakes untuk
mempermudah kami memperoleh informasi pasar.
D. Strategi Pemasaran
1. Perkenalan Bisnis
Produk yang kami tawarkan merupakan makanan yang
lezat, bergizi, dan harga yang terjangkau dengan bentuk dan rasa yang bervariasi.
Produk ini bernama “Banana Cup Cakes”.
2. Membangun jaringan
dengan usaha lain yang dapat mendukung bisnis
Memiliki produk cup cakes berbahan baku seperti pisang
ambon, terigu, telur, pandan, baking powder, garam, gula pasir dan coklat. Oleh
karena itu Banana cup cakes berniat bekerja sama kepada mereka yang menyediakan
bahan baku cup cakes.
3. Menciptakan inovasi
pada desain yang ditawarkan.
Produk Banana Cup Cakes kali ini yang pertama yaitu cup
cakes dengan pisang dan toping coklat dan rasa serta bentuk yang dapat
disesuaikan.
4. Meningkatkan kualitas
pelayanan
Menyediakan website untuk wadah para konsumen
memberikan saran atas produk yang dibuat oleh banana cup cakes.
5. Media pemasaran
Kami akan mempromosikan produk kami melalui media social
seperti facebook dan twitter, instagram, serta face to face.
BAB VII
RENCANA PERMODALAN
A. Biaya Awal
Biaya Variabel :
No.
|
Keterangan
|
Jumlah Produk
|
Biaya Pokok
|
Jumlah
|
1.
|
Tepung terigu
|
12.5
|
Rp. 8000
|
Rp. 400.000
|
2.
|
Telur
|
42
|
Rp. 1500
|
Rp. 252.000
|
3.
|
Baking powder
|
4
|
Rp. 3000
|
Rp. 48.000
|
4.
|
Coklat blok
|
2
|
Rp. 30.000
|
Rp. 240.000
|
5.
|
Pewarna makanan &
cita rasa
|
5
|
Rp. 6000
|
Rp. 120.000
|
6.
|
Soda kue
|
4
|
Rp. 4000
|
Rp. 64.000
|
7.
|
Margarin
|
2
|
Rp. 15000
|
Rp. 120.000
|
8.
|
Plastik kertas cup
|
|
Rp. 5000
|
Rp. 20.000
|
9.
|
Pisang
|
2
|
Rp. 10000
|
Rp. 80.000
|
10.
|
Gula
|
1.5
|
Rp. 14000
|
Rp. 84.000
|
11.
|
Gula palem
|
2
|
Rp. 6000
|
Rp. 48.000
|
12.
|
Susu
|
2
|
Rp. 10000
|
Rp. 80.000
|
13.
|
Garam
|
1
|
Rp. 1500
|
Rp. 6000
|
14.
|
Gas
|
1
|
Rp. 18000
|
Rp. 72.000
|
|
Total
|
|
|
Rp. 1.634.000
|
Keterangan : masing-masing jumlah x 4 minggu (1 bulan
)
Biaya Tetap :
No.
|
Keterangan
|
Jumlah
|
Biaya Pokok
|
Jumlah
|
1.
|
Kulkas
|
1
|
Rp. 2.500.000
|
Rp. 2.500.000
|
2.
|
Etalase
|
1
|
Rp. 3.000.000
|
Rp. 3.000.000
|
3.
|
Oven
|
1
|
Rp. 850.000
|
Rp. 850.000
|
4.
|
Lap tangan
|
1
|
Rp. 15.000
|
Rp. 15.000
|
5.
|
Mixer
|
1
|
Rp. 300.000
|
Rp. 300.000
|
6.
|
Pisau
|
1
|
Rp. 7.000
|
Rp. 7.000
|
7.
|
Baskom
|
1
|
Rp. 20.000
|
Rp. 20.000
|
8.
|
Kompor gas
|
1
|
Rp. 500.000
|
Rp. 500.000
|
9.
|
Tabung elpiji
|
1
|
Rp. 150.000
|
Rp. 150.000
|
10.
|
Banner, sticker &
daftar harga
|
|
Rp. 100.000
|
Rp. 100.000
|
11.
|
Sewa tempat
|
|
Rp. 1.000.000
|
Rp. 1.000.000
|
12.
|
Regulator &
selang
|
1
|
Rp.80.000
|
Rp. 80.000
|
13.
|
Cetakan cup cakes
|
2
|
Rp. 17.500
|
Rp. 35.000
|
14.
|
Biaya listrik dan air
|
|
Rp. 150.000
|
Rp. 150.000
|
15.
|
Biaya pegawai
|
1
|
Rp. 900.000
|
Rp. 900.000
|
16.
|
Biaya penyusutan
peralatan
|
|
|
Rp. 1.674.324
|
|
Total
|
|
|
Rp. 11.254.324
|
B. Harga Per unit
Harga jual 1 Cup Cakes Rp 5.000 untuk ukuran Besar,
Rp. 4000 medium dan Rp 2.500 untuk ukuran small.
Target penjualan Banana Cup Cakes per hari adalah 10 box.
Dalam 1 (satu) box terdiri dari 6 pcs untuk ukuran medium dan 12 pcs untuk
ukuran small cup cakes dengan total harga per box Rp 30.000
C. Modal Awal
Total Biaya Awal = Rp 1.634.000 + Rp 11.254.324 = Rp 12.888.324
D. Analisis Keuntungan
Waktu berjualan yaitu hari senin s/d minggu.
Berikut rinciannya :
ü
Pendapatan Harian = Rp
5.000 x 6 pcs x 10 box = Rp 300.000
ü
Pendapatan bulanan = Rp
300.000 x 30 hari = 9.000.000
Jika diasumsikan
penjualan 1 tahun konstan, maka:
ü Pendapatan yang akan dicapai = Rp 9.000.000 x 12 = Rp 108.000.000
ü Dan dengan biaya variabel = Rp
1.634.000 x 12 = Rp 19.608.000
Maka laba kotor yang akan dicapai dalam 1 tahun
Rp 108.000.000 – Rp 19.608.000 = Rp 88.392.000
E. Pengembalian Modal
Total modal awal : keuntungan per bulan
Rp 12.888.324 : Rp 9.000.000 = 1,4
bulan (34 hari)
BAB VIII
RENCANA ORGANISASI
Untuk saat ini dalam struktur
organisasi terdiri dari 3 orang, termasuk penulis yang terlibat dalam
perencanaan bisnis ini. Diharapkan di masa mendatang tenaga kerja untuk bisnis
banana cupcakes akan lebih banyak lagi.
![]() |
Didalam perencanaan bisnis ini, peranan/fungsi dari
masing-masing manajemen tim, diantaranya adalah :
A. Pemilik
Bertanggung jawab
atas perencanaan, pengkoordinasian, pengarahan, dan pengawasan, serta
peningkatan mutu.
Job description :
1) Memimpin dan mengendalikan semua kegiatan usaha banana cupcakes
2) Merencanakan dan menyusun program kerja
B. Produksi
Job description:
1) Mengkoordinir dan mengawasi serta memberikan pengarahan kerja
kepada setiap karyawan untuk menjamin kesinambungan dalam produksi,
2) Memonitor pelaksanaan rencana produksi,
3) Bertanggung jawab atas pengendalian bahan baku dan efisiensi
pengunaan tenaga kerja, peralatan, dan mesin.
C. Pemasaran
Job Description:
1) Mengumpulkan, mengolah, menganalisis, dan menyajikan data dan
informasi,
2) Mengendalikan pelaksanaan program pemasaran banana cupcakes,
meliputi : pembuatan dan stock usaha, penetapan dan pengendalian harga,
pemasaran, serta aspek lain yang berkaitan dengan pemasaran,
3) Menentukan pasar sasaran,
4) Memahami kebutuhan konsumen/calon konsumen serta memberikan
jalan keluar/solusi,
5) Memonitor kepuasan konsumen, mengevaluasi persaingan, serta
mengidentifikasikan kecenderungan dan peluang pasar.
BAB IX
RESIKO
Resiko yang mungkin
terjadi dalam usaha yaitu mutu dari bahan yang diperoleh bisa saja memiliki
kualitas rendah atau rusak karena tidak tahan lama sehingga berdampak juga pada
kualitas produk yang dihasilkan dan mengakibatkan berkurangnya pembeli produk Banana
Cup Cakes.
BAB X
PENUTUP
Usaha Banana Cup Cakes ini termasuk usaha yang cukup
menjanjikan karena memiliki peluang memperoleh keuntungan yang tinggi karena
wilayah yang menjadi sasaran penjualan belum ada yang menjual cup cakes pisang.
Namun wirausaha harus memiliki SWOT yang kuat dalam menjalankan usahanya dan
harus bisa menganalisa SWOT demi mengembangkan usahanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar