Pages

Kamis, 30 Maret 2017

CONTOH BUSINESS PLAN




BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Usaha
Bisnis makanan memang tidak ada habisnya bahkan dapat dijadikan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Berbagai macam jenis makanan bermunculan dengan ragam kreatifitas yang menarik dan unik. Makanan biasa dikreasikan menjadi makanan yang memiliki cita rasa dan nilai jual tinggi. Salah satunya adalah cup cakes  yaitu salah satu jenis makanan yang merupakan hasil olahan dari tepung terigu.
            Rasanya yang enak dan variasi bentuknya yang lucu mampu menarik minat para konsumen. Keunikan Produk ini adalah produk dari segi bahan dasarnya yaitu pisang ambon dibuat dengan tepung terigu berkualitas tinggi yang mudah di dapatkan. Selain itu usaha cup cakes ini ketika nantinya sudah berkembang maka akan diadakan inovasi yaitu dengan adanya rasa yang bervariasi diantaranya yaitu ada rasa keju, coklat, blueberry, strawberry, vanilla, melon, anggur serta rasa green tea. Keunggulan tersebut akan dimulai setelah memperoleh informasi pasar nanti. Jika aneka rasa tersebut dapat dijalankan dan dapat menarik minat dari konsumen maka mulailah melakukan inovasi dalam usaha ini sehingga konsumen tidak akan merasa bosan. Adapun tempat penjualan yang dicari yaitu lokasi yang ramai misalnya dekat sekolah, perguruan tinggi, perumahan ataupun dekat dengan jalan raya.
             Oleh karena itu saya tertarik untuk membuka usaha yaitu “Banana Cup Cakes” untuk dijual karena tidak hanya dijadikan sebagai camilan ringan yang rasanya cukup lezat, namun juga mulai diminati para konsumen sebagai salah satu bingkisan unik untuk melengkapi momen istimewa yang mereka adakan.






BAB II
BUSINESS PLAN
A.    Visi & Misi
·         Visi :
“Menjadikan “Banana Cup Cakes” sebagai usaha terkenal dengan berbagai rasa dan bentuk yang bervariasi untuk memuaskan para konsumen”.
·         Misi :
1.      Mengutamakan kualitas dalam pelayanan
2.      Berorientasi kepada kepuasan konsumen
3.      Mengembangkan inovasi-inovasi baik dalam produk maupun pelayanan
4.      Mengembangkan usaha di beberapa tempat strategis lainnya untuk memperluas usaha
5.      Menambah wawasan berwirausaha tentang kue Cup Cakes 
B.     Identifikasi Usaha
Usaha yang dijalankan ini diusulkan oleh:
Nama                           : Nur Izzah Maulidina
Nama Usaha                : Banana Cup Cakes
Alamat                                    : Jl. Joyo Suko Timur Gg. II No. 49, Kec. Lowokwaru, Malang
No. telp. Usaha           : 085708817224
Email Usaha                : nurizzahmaulidina@gmail.com
C.    Ruang Lingkup Usaha
Usaha ini termasuk usaha kecil yang akan di dipasarkan di daerah Dinoyo seiring berjalannya waktu bisa menjadi usaha besar karena kalangan manapun bisa menikmati produk cup cakes ini terutama bagi yang suka pisang dan coklat.
D.    Tujuan
1.      Mendapatkan keuntungan dari produk ini.
  1. Membuat produk makanan yang mempunyai inovasi baru dan disukai seluruh kalangan masyarakat.
  2. Memanfaatkan dan meningkatkan hasil olahan dari pisang ambon dan tepung terigu menjadi produk makanan yang bervariasi yang dapat diterima oleh masyarakat luas sebagai salah satu makanan alternatif pengganti cemilan yang mengandung karbohidrat yang enak dan bergizi.
  3. Memperkenalkan hasil olahan sendiri agar masyarakat mengetahui bahwa Cup Cakes pisang ini mempunyai nilai cita rasa yang tinggi.

BAB III
ANALISIS USAHA
A. Rencana Produk
Banana Cup Cakes ialah kue kecil berbentuk cetakan mangkok yang dapat dijadikan sebagai camilan ringan yang rasanya cukup lezat. Adapun bahan utama yang digunakan oleh Banana  Cup Cakes adalah pisang ambon.
B. Produk/jasa yang dihasilkan
Keistimewaan Banana Cup Cakes ini diantaranya :
  1. Hidangan lezat dan bergizi
  2. Harga relatif terjangkau oleh semua lapisan masyarakat dalam berbagai umur baik anak-anak, remaja maupun orang tua.
  3. Disajikan dengan berbagai macam bentuk dan rasa.

BAB IV
DESKRIPSI TENTANG USAHA
A. Jenis Usaha
Jenis usaha berupa usaha rumahan yang menjual makanan ringan yang lezat dan bergizi dan disajikan dengan berbagai rasa, di antaranya yaitu : 
  1. Banana Cup Cakes Original
  2. Banana Cup Cakes rasa Keju
  3. Banana Cakes rasa strawberry
  4. Banana Cup Cakes rasa coklat
  5. Banana Cup Cakes rasa vanilla 
  6. Banana Cup Cakes rasa green tea
  7. Banana Cup Cakes rasa Blueberry
  8. Banana Cup Cakes rasa Anggur
      Adalapun ukuran cup cakes ini, ada 3 yaitu ukuran kecil, medium dan besar.
B. Prospek Usaha
Usaha ini merupakan usaha menengah, kalangan manapun tahu dengan produk cup cakes ini. Dalam  usaha ini tidak memerlukan banyak orang karena usaha ini masih relatif kecil dan juga tidak membutuhkan orang yang memiliki keahlian khusus akan tetapi dibutuhkan sikap tekun dan sabar.

BAB V
RENCANA PRODUKSI
A. Bahan Baku dan Penggunaannya
Bahan-bahan untuk membuat Banana Cup Cakes :
Bahan Baku :
·         1,5 kg Terigu
·         10 butir Telur
·         Pondan secukupnya
·         Bahan Pewarna secukupnya
·         Lima sendok teh Baking Powder
·         Soda Kue secukupnya
·         400 gram Margarine
·         1000 ml Susu Cair
·         500 gram pisang ambon, di haluskan
·         175 gram Gula
·         Garam secukupnya
·         250 gram gula palem
Bahan-bahan untuk topping :
·         500 gram buttercream
·         750 gram cokelat masak pekat, dilelehkan

B. Proses Produksi
Adapun cara pembuatan Banana Cup Cakes adalah :
1.      Pertama panaskan susu cair serta susu bubuk dan aduk hingga benar-benar larut, lalu matikan apinya.
2.      Setelah itu tambahkan potongan dark coklat secukupnya dan pisang ambon yang sudah dihaluskan tersebut dan aduk hingga larut merata.
3.      Lalu masukkan mentega serta sebagian gula pasir halus ke dalamnya.
4.      Tambahkan kuning telur yang telah dikocok hingga rata
5.      Tuangkan adonan tersebut ke dalam tepung terigu sambil di aduk rata dan kemudian adonan di sisihkan.
6.      Kemudian kocok putih telur hingga setengah mengembang. Lalu tambahkan sisa gula halus tadi ke dalamnya sambil terus dikocok hingga benar-benar mengembang.
7.      Masukkan kocokan putih telur tersebut ke dalam terigu sambil di aduk dengan perlahan.
8.      Tuangkan ke dalam cetakan muffin yang sudah diberi alas kertas.
9.      Setelah itu oven selama 25 menit dalam suhu 180 celcius hingga matang
10.  Untuk toppingnya anda bisa memanaskan krim kental lalu tambahkan potongan dark cokelat dan aduk hingga larut merata.
11.  Hiaslah bagian atas cupcake dengan topping yang telah dibuat.

BAB VI
RENCANA PEMASARAN
A. Analisis Persaingan Usaha
Setiap kegiatan untuk memulai usaha harus mengukur kemampuan terhadap lingkungan atau pesaing yaitu melalui analisis SWOT.
1.      Strength (kekuatan)
Kekuatan  produk Banana Cup Cakes ini ialah :
Potensi lain yang dimiliki oleh usaha Banana Cup Cakes ini yaitu penjualan Cup Cakes dari bahan dasar buah pisang masih jarang sehingga masih besar kemungkinan usaha ini untuk menjadi usaha yang cukup besar, bahan produk yang terjamin sehat dan higienis, mempunyai ciri khas tampilan dan rasa yang berbeda dengan usaha cup cakes yang lainnya yaitu  rasa yang bervariasi serta harga yang cukup terjangkau.
2.      Weakness (kelemahan)
Tidak dapat bertahan lama, produknya mudah ditiru, tidak cocok bagi konsumen yang tidak suka buah pisang dan coklat.
3.      Oppurtinity (peluang)
Tempat strategis, ciri khas menu dan tampilan cupcake yang unik dan dibuat sesuai selera menjadikan usaha ini sangat menjanjikan, budaya masyarakat yang konsumtif, di Dinoyo khususnya di kawasan Joyo Suko belum ada yang menjual cup cakes sehingga Banana Cup Cakes mempunyai peluang besar untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya.
4.      Threath (ancaman)
Banyak saingan yang namanya sudah lebih melambung dan dikenal konsumen terutama di Donoyo, harga bahan baku yang sewaktu-waktu bisa naik dapat menyebabkan kenaikan harga cup cakes yang mungkin dapat mengurangi minat pembeli.
B. Analisis 4P
1.      Product
Brand : Banana Cup Cakes
Quality : Tanpa bahan pengawet
Packing : Menggunakan kertas cup
2.      Price
Untuk harga awal, Banana Cup Cakes dijual langsung kepada konsumen dengan   harga Rp 5000 per pcs.
3.      Promotion
a.       Personal Selling : Pemasaran awal produk kami melalui mulut ke mulut, dimana melalui mulut ke mulut kemudian terus berkembang.
b.      Media Online : memasarkan produk melalui jaringan internet melalui social media seperti facebook, twitter, instagram dll.
c.       Di lakukan masa promosi selama 2 minggu pada setiap pembelian 1 paket dengan isi 6 porsi akan memberikan diskon 5% dari harga tersebut.
4.      Place
Tempat yang dipilih yaitu di Jl. Joyo Suko Timur Gg. II No. 49 C di pinggir jalan raya dekat sekolah dan Perguruan Tinggi karena letaknya yang cukup strategis dan mudah dijangkau masyarakat (konsumen).
C. Target Dan Segmentasi Pasar
1.      Geografi
Wilayah yang kita jadikan target yaitu wilayah Dinoyo. Alasan memilih wilayah ini karena bahan-bahan untuk membuat produk ini mudah ditemukan di daerah ini dan juga belum ada yang menjual Cup Cakes di wilayah ini. Selain itu, juga akan memperluas usaha ke wilayah-wilayah dan daerah lainnya.\
2.      Demografi
Berdasarkan demografi, secara pasar kami bertuju pada kalangan pelajar, yaitu siswa dan mahasiswa, hingga masyarakat dan lingkungan sekitar perumahan dan dipinggiran jalan dengan membuka toko kue Cup Cakes untuk mempermudah kami memperoleh informasi pasar.
D.  Strategi Pemasaran
1.      Perkenalan Bisnis
Produk yang kami tawarkan merupakan makanan yang lezat, bergizi, dan harga yang terjangkau dengan bentuk dan rasa yang bervariasi. Produk ini bernama “Banana Cup Cakes”.
2.      Membangun jaringan dengan usaha lain yang dapat mendukung bisnis
Memiliki produk cup cakes berbahan baku seperti pisang ambon, terigu, telur, pandan, baking powder, garam, gula pasir dan coklat. Oleh karena itu Banana cup cakes berniat bekerja sama kepada mereka yang menyediakan bahan baku cup cakes.

3.      Menciptakan inovasi pada desain yang ditawarkan.
Produk Banana Cup Cakes kali ini yang pertama yaitu cup cakes dengan pisang dan toping coklat dan rasa serta bentuk yang dapat disesuaikan.
4.      Meningkatkan kualitas pelayanan
Menyediakan website untuk wadah para konsumen memberikan saran atas produk yang dibuat oleh banana cup cakes.
5.      Media pemasaran
Kami akan mempromosikan produk kami melalui media social seperti facebook dan twitter, instagram, serta face to face.

BAB VII
RENCANA PERMODALAN
A. Biaya Awal
Biaya Variabel :
No.
Keterangan
Jumlah Produk
Biaya Pokok
Jumlah
1.
Tepung terigu
12.5
Rp. 8000
Rp. 400.000
2.
Telur
42
Rp. 1500
Rp. 252.000
3.
Baking powder
4
Rp. 3000
Rp. 48.000
4.
Coklat blok
2
Rp. 30.000
Rp. 240.000
5.
Pewarna makanan & cita rasa
5
Rp. 6000
Rp. 120.000
6.
Soda kue
4
Rp. 4000
Rp. 64.000
7.
Margarin
2
Rp. 15000
Rp. 120.000
8.
Plastik kertas cup

Rp. 5000
Rp. 20.000
9.
Pisang
2
Rp. 10000
Rp. 80.000
10.
Gula
1.5
Rp. 14000
Rp. 84.000
11.
Gula palem
2
Rp. 6000
Rp. 48.000
12.
Susu
2
Rp. 10000
Rp. 80.000
13.
Garam
1
Rp. 1500
Rp. 6000
14.
Gas
1
Rp. 18000
Rp. 72.000

Total


Rp. 1.634.000
Keterangan : masing-masing jumlah x 4 minggu (1 bulan )

Biaya Tetap :
No.
Keterangan
Jumlah
Biaya Pokok
Jumlah
1.
Kulkas
1
Rp. 2.500.000
Rp. 2.500.000
2.
Etalase
1
Rp. 3.000.000
Rp. 3.000.000
3.
Oven
1
Rp. 850.000
Rp. 850.000
4.
Lap tangan
1
Rp. 15.000
Rp. 15.000
5.
Mixer
1
Rp. 300.000
Rp. 300.000
6.
Pisau
1
Rp. 7.000
Rp. 7.000
7.
Baskom
1
Rp. 20.000
Rp. 20.000
8.
Kompor gas
1
Rp. 500.000
Rp. 500.000
9.
Tabung elpiji
1
Rp. 150.000
Rp. 150.000
10.
Banner, sticker & daftar harga

Rp. 100.000
Rp. 100.000
11.
Sewa tempat

Rp. 1.000.000
Rp. 1.000.000
12.
Regulator & selang
1
Rp.80.000
Rp. 80.000
13.
Cetakan cup cakes
2
Rp. 17.500
Rp. 35.000
14.
Biaya listrik dan air

Rp. 150.000
Rp. 150.000
15.
Biaya pegawai
1
Rp. 900.000
Rp. 900.000
16.
Biaya penyusutan peralatan


Rp. 1.674.324

Total


Rp. 11.254.324

B. Harga Per unit
Harga jual 1 Cup Cakes Rp 5.000 untuk ukuran Besar, Rp. 4000 medium dan Rp 2.500 untuk ukuran small.
Target penjualan Banana Cup Cakes per hari adalah 10 box. Dalam 1 (satu) box terdiri dari 6 pcs untuk ukuran medium dan 12 pcs untuk ukuran small cup cakes dengan total harga per box Rp 30.000
C. Modal Awal
Total Biaya Awal = Rp 1.634.000 + Rp 11.254.324 = Rp 12.888.324
D. Analisis Keuntungan
Waktu berjualan yaitu hari senin s/d minggu. Berikut  rinciannya :
ü  Pendapatan Harian = Rp 5.000 x 6 pcs x 10 box = Rp 300.000
ü  Pendapatan bulanan = Rp 300.000 x 30 hari = 9.000.000
Jika diasumsikan penjualan 1 tahun konstan, maka:
ü  Pendapatan yang akan dicapai  = Rp 9.000.000 x 12 = Rp 108.000.000
ü  Dan dengan biaya variabel = Rp 1.634.000 x 12 = Rp 19.608.000
Maka laba kotor yang akan dicapai dalam 1 tahun
Rp 108.000.000 – Rp 19.608.000 = Rp 88.392.000

E.     Pengembalian Modal
Total modal awal        : keuntungan per bulan
Rp 12.888.324                        : Rp 9.000.000 = 1,4 bulan  (34 hari)

BAB VIII
RENCANA ORGANISASI
Untuk saat ini dalam struktur organisasi terdiri dari 3 orang, termasuk penulis yang terlibat dalam perencanaan bisnis ini. Diharapkan di masa mendatang tenaga kerja untuk bisnis banana cupcakes akan lebih banyak lagi.


 








Didalam perencanaan bisnis ini, peranan/fungsi dari masing-masing manajemen tim, diantaranya adalah :
A. Pemilik
Bertanggung jawab atas perencanaan, pengkoordinasian, pengarahan, dan pengawasan, serta peningkatan mutu.
Job description :
1)      Memimpin dan mengendalikan semua kegiatan usaha banana cupcakes
2)      Merencanakan dan menyusun program kerja
B. Produksi
Job description:
1)      Mengkoordinir dan mengawasi serta memberikan pengarahan kerja kepada setiap karyawan untuk menjamin kesinambungan dalam produksi,
2)      Memonitor pelaksanaan rencana produksi,
3)      Bertanggung jawab atas pengendalian bahan baku dan efisiensi pengunaan tenaga kerja, peralatan, dan mesin.
C. Pemasaran
Job Description:
1)      Mengumpulkan, mengolah, menganalisis, dan menyajikan data dan informasi,
2)      Mengendalikan pelaksanaan program pemasaran banana cupcakes, meliputi : pembuatan dan stock usaha, penetapan dan pengendalian harga, pemasaran, serta aspek lain yang berkaitan dengan pemasaran,
3)      Menentukan pasar sasaran,
4)      Memahami kebutuhan konsumen/calon konsumen serta memberikan jalan keluar/solusi,
5)      Memonitor kepuasan konsumen, mengevaluasi persaingan, serta mengidentifikasikan kecenderungan dan peluang pasar.

BAB IX
RESIKO
Resiko yang mungkin terjadi dalam usaha yaitu mutu dari bahan yang diperoleh bisa saja memiliki kualitas rendah atau rusak karena tidak tahan lama sehingga berdampak juga pada kualitas produk yang dihasilkan dan mengakibatkan berkurangnya pembeli produk Banana Cup Cakes.

BAB X
PENUTUP
            Usaha Banana Cup Cakes ini termasuk usaha yang cukup menjanjikan karena memiliki peluang memperoleh keuntungan yang tinggi karena wilayah yang menjadi sasaran penjualan belum ada yang menjual cup cakes pisang. Namun wirausaha harus memiliki SWOT yang kuat dalam menjalankan usahanya dan harus bisa menganalisa SWOT demi mengembangkan usahanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar