Pages

Minggu, 30 Oktober 2016

Peran IT Terhadap Kesuksesan Bisnis Perusahaan OLX



BAB 1
PENDAHULUAN
1.1Latar Belakang
Pada zaman yang serba modern ini, perkembangan teknologi sangatlah cepat terutama pada dunia bisnis.Bisnis yang sudah maju sebelum era teknologi sudah mulai menggunakan internet yang merupakan jaringan yang global yang menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya dan bersaing dengan pemilik bisnis lainnya.Sehingga tingkat keberhasilan bisnis sangat ditentukan oleh teknologi.
Perkembangan internet menyebabkan terbentuknya dunia baru yang disebut  dunia maya. Di  dunia maya,setiap individu memiliki hak dan kemampuan untuk berinteraksi dengan individu lain tanpa batasan apapun yang dapat menghalanginya. Globalisasi yang sempurna sebenarnya telah berjalan di dunia maya yang menghubungkan seluruh komunitas digital. Dari seluruh aspek kehidupan manusia yang terkena dampak kehadiran internet, sektor bisnis merupakan sektor  yang  paling  terkena  dampak  dari  perkembangan  teknologi  informasi  dan telekomunikasi serta paling cepat tumbuh. 
Mobilitas manusia yang tinggi menuntut dunia perdagangan mampu menyediakan layanan jasa dan barang dengan cepat sesuai permintaan konsumen.Untuk mengatasi masalah tersebut, kini muncul transaksi yang menggunakan media internet untuk menghubungkan produsen dan konsumen. Transaksi bisnis melalui internet lebih dikenal dengan namae-business dan e-commerce. Melalui e-commerce, seluruh manusia di muka bumi memiliki kesempatan dan peluang yang sama untuk bersaing dan berhasil berbisnis di dunia maya.Bahkan saat inisitus khusus untuk melakukan promosiiklan banyak bermunculan dan menjadipopuler, termasuk di Indonesia.Situs-situstersebut merupakan situs jual beli online,seperti studykasuskitakaliinitentangolx.comdimanakonsumen saat ini lebih memilihmenggunakan situs jual beli online tersebut.Hal ini dikarenakan proses yang dilakukanlebih mudah dan cepat.






1.2 Rumusanmasalah
1.      BagaimanaSejarah Perusahaan Olx.co.id?
2.      Apa Kelebihan dan Kekurangan Transaksi di Olx.co.id?
3.      Bagaimana Tips Melakukan Transaksi di Olx.co.id?
4.      BagaimanaPeranTITerhadapKesuksesanBisnisPerusahaanOlx.co.id?
1.3 Tujuan Penulisan
1.      MengetahuiSejarahOlx.co.id
2.      Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Transaksi di Olx.co.id
3.      Mengetahui Tips Melakukan Transaksi di Olx.co.id
4.      Mengetahui Peran TI Terhadap Kesuksesan Bisnis Perusahaan Olx.co.id




















                                                                        BAB II
LANDASAN TEORI
2.1  Sistem
Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.
Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak, contoh umum misalnya seperti negara. Negara merupakan suatu kumpulan dari beberapa elemen kesatuan lain seperti provinsi yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu negara dimana yang berperan sebagai penggeraknya yaitu rakyat yang berada dinegara tersebut.
Kata "sistem" banyak sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari, dalam forum diskusi maupun dokumen ilmiah.Kata ini digunakan untuk banyak hal, dan pada banyak bidang pula, sehingga maknanya menjadi beragam.Dalam pengertian yang paling umum, sebuah sistem adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan.
2.2 Sistem Informasi
Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis.
2.3Sistem Informasi Manajemen
Sistem Informasi Manajemen (SIM) didefinisikan sebagai suatu sitem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang serupa.Para pemakai biasanya membentuk suatu entitas organisasi formal perusahaan atau subunit dibawahnya. Informasi menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya mengenai apayang telah terjadi di masa lalu, apa yang sedang terjadi sekarang dan apa yang mungkin terjadi di masa depan. Informasi tersebut tersedia dalam bentuk laporan periodik, laporan khusus, dan output dari simulasi matematika.Output informasi digunakan oleh manajer maupun nonmanajer dalam perusahaan saat mereka membuat keputusan untuk memecahkan masalah.
2.4 E-Business
E-Business merupakan kegiatan berbisnis di Internet yang tidak saja meliputi pembelian, penjualan dan jasa, tapi juga meliputi pelayanan pelanggan dan kerja sama dengan rekan bisnis (baik individual maupun instansi).
E-business diturunkan dari istilah seperti “e-mail” dan “e-commerce”, yaitu bisnis di internet. E-business adalah istilah yang lebih umum dari e-commerce karena tidak hanya mengarah pada aktifitas membeli dan menjual melainkan melayani konsumen dan bekerja sama dengan rekan-rekan bisnis lainnya atau dengan kata lain E-business merupakan interaksi dengan rekan-rekan bisnis.
2.5E-commerce
E-Commerce adalah sebuah website yang menyediakan atau dapat melakukan Transaksi secara online atau juga bisa merupakan suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan “get and deliver“. E-commerceakan merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan trading (perdagangan).








BAB III
PEMBAHASAN
3.1SejarahOLXdiIndonesia
OLX merupakan pasar iklan baris online lokal yang dapat diakses melalui internet dan juga melalui aplikasi pada ponsel. OLX saat ini telah berada di 106 negara di dunia, Angola, Argentina, Bangladesh, Brazil, India, Indonesia, Portugal, Poland, Peru, Romania, Hungary, Bulgaria, Panama, Switzerland, South Africa, Kenya, Nigeria, Thailand, Philippines, Pakistan, Kazakhstan dan lainnya.OLX pertama kali dibentuk pada Maret 2006 oleh wiraswastawan internet Fabrice Grinda dan Alex Oxenford, sekarang OLX telah dimiliki oleh Global Media dan perusahaan digital Naspers.Naspers adalah grup media besar asal Afrika Selatan yang mulai masuk pasar Indonesia lewat investasi di Tokobagus dan juga akuisisi Multiply yang sudah berhenti beroperasi tahun lalu. Tokobagus Didirikan pada tanggal 9 Juni 2005 oleh dua orang pemuda Belanda, Arnold Sebastian Egg dan Remco Lupker.Arnold yang saat itu sedang berlibur di pulau Bali mendapatkan ide setelah melihat perkembangan pesat situs E-Commerce di Amerika, amazon.Menilai dari geografis Indonesia yang terdiri dari banyak kepulauan dengan jumlah penduduk yang sangat besar, maka tercetuslah ide untuk membuat situs Tokobagus.
Pada tahun 2010, PT Tokobagus akhirnya pindah ke Jakarta setelah membangun usaha selama 5 tahun di Denpasar, Bali.Tokobagus.com didirikan di Bali pada tahun 2005, oleh Arnold Sebastian Egg, seorang warganegara Belanda. Arnold pertama kali datang ke Indonesia pada awal Januari 2000, saat itu ia adalah seorang pengusaha mudayang baru saja lulus kuliah di Belanda. Melalui PT Isya Jaya, ia memulai usaha di Indonesia, tepat setelah bom Bali I meletus. Saat itu ia menawarkan jasa pembuatan situs e-commerce. Pada ahun 2005, Arnold memulai bisnis jual beli secara online.Ia menyiapkan konsep Tokobagus.com dan mulai membangun okobagus.com. Tahun 2008 Arnold mendapat investor yang kemudian menjadi mitranya. Bersama dengan mitra barunya, di tahun yang sama mereka pindah ke Jakarta dan mendirikan PT Tokobagus.
Tokobagus berkembang pesat luar biasa.Juli 2013 memiliki lebih dari 1 miliar pageviews bulanan dan mentargetkan masuk top five situs iklan baris terbesar di dunia. Tepatnya Selasa (20/5/2014), branding Tokobagus yang sudah begitu melekat akhirnya harus diganti dengan nama yang kurang “indonesia” yaitu OLX.Jadi ketika kita mengetik URL Tokobagus yang lama, muncul pemberitahuan di layar yang menjelaskan bahwa nama Tokobagus.com berubah menjadi OLX Indonesia dengan alamat olx.co.id.“Perubahan ini hanya Nama, Logo dan Url.Sedangkan semua aspek lainnya, yang sudah dirasakan manfaatnya oleh jutaan masyarakat Indonesia masih tetap sama dan tidak berubah,” ujar Kepala Operasional OLX.co.id, Alif Priyono, dalam keterangan resminya.Aktivitas jual-beli dan pemasangan iklan tetap bisa dilakukan seperti biasa.Misi perusahaan akan terus berlanjut yang digambarkan dalam tagline-nya, yaitu “cara tepat, jual cepat”.
Kesimpulannya adalah alasan penggantian nama Tokobagus semata-mata untuk memperkuat branding OLX secara global. Ini juga memperjelas bahwa grup Naspers ingin mengkonsolidasi berbagai brand situs iklan baris yang dimilikinya di berbagai negara.
Contohnya “Sulit”, situs iklan baris di Filipina milik grup Naspers, yang lebih dahulu mengumumkan perubahan identitasnya menjadi OLX pada maret lalu.

3.2 Kelebihan dan Kekurangan OLX.co.id
·         Kelebihan
OLX Indonesia menyediakan berbagai pilihan barang dan jasa, baik baru maupun bekas, dan bermacam alternatif yang mencakup seluruh daerah di Indonesia.Selain itu, apabila ingin melakukan kontak dengan penjual yang memasang iklan di OLX Indonesia, tidak diharuskan untuk registrasi terlebih dahulu. Situs ini juga menyediakan tab spesifikasi produk atau jasa yang dibutuhkan, seperti merk, tipe, tahun maksimum dan minimun, serta harga maksimum dan minimum. OLX Indonesia juga tersedia dalam bentuk Mobile Version dan Official Application for Android. Tidak ada biaya untuk pemasangan iklan, kecuali apabila meminta layanan promosi tambahan (promo point)untuk iklan-iklan yang dipasangkan. Biaya yang dikenakan tersebut hanya bersifat “dianjurkan” bukan “diharuskan”.Jadi, apabila tidak ingin menggunakan layanan promosi tambahan, anda tidak perlu membayar sepersenpun.
·         Kekurangan
Kemungkinan terjadinya berbagai macam penipuan sangat besar karena penyediaan layanannya yang gratis dan terbuka untuk umum.


3.3 Tips Transaksi di OLX Indonesia
Terdapat lima tips transaksi yang aman di OLX Indonesia:
1.    Gunakan Akal Sehat Anda
Percaya pada akal sehat, terutama jika dirasa di dalam iklan tersebut terdapat kejanggalan-kejanggalan yang tidak masuk akal, biasanya hal tersebut memang tidak baik.Jika memang penjual tersebut kurang meyakinkan, maka lebih baik batalkan saja.
2.    Memilih Penjual Terpercaya
Bertransaksilah dengan penjual yang terpercaya (verified number) yang telah memverifikasi alamatnya kepada OLX Indonesia agar terhindar dari penjual atau pemasang iklan yang tidak jelas.
3.    Lakukan Riset Sederhana
Ketahui dulu info tentang produk serta penjualnya dengan lengkap dan jelas dengan mengumpulkan informasi dan melakukan riset sederhana terkait hal tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan memperhatikan bagaimana deskripsi yang dipaparkan oleh si penjual dan apakah foto produk yang ia perlihatkan asli hasil jepretan sendiri atau tidak. Jika benar, maka hal itu dapat dikatakan sebagai petanda yang baik.Selain itu, galilah informasi yang ada dengan menanyakan produk serta alamat penjual tersebut selengkap mungkin.Jika dia menjual produk laris seperti handphone, kamera digital, dll dengan harga yang jauh lebih rendah, maka penjual itu patut dicurigai.Jika lokasi atau alamat penjual terjangkau, lebih baik bertemu secara langsung dan usahakan membawa teman.
4.    Cara Pembayaran
Berhati-hatilah pada nomor teleepon yang tidak jelas, terutama yang berkode area luar negri dan meminta cara pembayaran dengan Western Union, Moneygram, dan cek.
5.    Hubungi Tim Support OLX Indonesia
Jika masih merasa ragu dan kurang yakin, hubungi dan tanyakan pada tim support OLX Indonesia.




3.4 Peran TI Terhadap Kesuksesan Bisnis Perusahaan OLX.co.id
Teknologi informasi (TI) akan memiliki peran penting dalam mendukung kesuksesan perubahan dan transformasi bisnis pada tahun depan.  Director Toughbook Asia Pacific Group, Panasonic System Communications Satoshi Mizobata mengatakan, interaksi antara TI  dengan perusahaan akan menemui bentuk yang lebih pasti pada tahun depan. Menurut dia, teknologi akan tertanam dalam bagian dari operasi sehari-hari dan memiliki peran nyata dalam kesuksesan bisnis. Pada tahun ini, cara bisnis berinteraksi dengan TI dari segi bagaimana industri TI memberikan pengaruh pada perusahaan telah menunjukkan perubahan sangat signifikan. Menurut dia, ada lima perkembangan teknologi yang bisa dicermati pada tahun depan, yakni pertumbuhan konvergensi, perubahan ekspektasi terhadap perangkat keras, mobilitas sebagai kunci kesuksesan bisnis, peranti tangguh dan total biaya kepemilikan. Dia menjelaskan, infrastuktur fisik akan memiliki peran sangat besar dalam menyatukan dunia nyata dan digital. Contohnya dalam sektor manufaktur dan logistik, database dan formulir purchase order akan mengadopsi konsep digital seutuhnya untuk memberikan kemudahan mengakses dimana saja. Hal ini akan memperbaiki tingkat tanggapan dari pekerja lapangan guna memastikan pekerjaan terselesaikan seefisien mungkin.  Sementara dari sisi perangkat keras, bisnis akan mencari perangkat yang dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat serta mengelola berbagai jenis pekerjaan dan menghasilkan pengembalian investasi (ROI) yang diinginkan. Adapun, mobilitas akan tetap menjadi peran yang paling penting ketika mendefinisikan kesukesan strategi bisnis seiring dengan ekspektasi para pekerja yang mengharapkan fleksibilitas dan kemandirian bekerja dari mana saja. Singkatnya, para pengguna akan mencari sebuah perangkat yang compact dan dapat diandalkan.  Selain itu, bisnis juga akan mulai meningkatkan mutu peranti yang fokus terhadap konsumen dengan menambahkan kotak pelindung tangguh untuk pekerjaan. Tahun ini merupakan tahun perkenalan terhadap perangkat tangguh dan peranti tangguh pintar.Dengan meningkatnya peran teknologi yang memainkan peranan penting dalam membantu bisnis mencapai keseimbangan tersebut, total biaya kepemilikan (total cost of ownership) menjadi hal yang sangat penting dipertimbangkan.




BAB IV
PENUTUP
4.1.  Kesimpulan
Tokobagus.com didirikan di Bali pada tahun 2005, oleh Arnold Sebastian Egg, seorang warganegara Belanda. Arnold pertama kali datang ke Indonesia pada awal Januari 2000, saat itu ia adalah seorang pengusaha mudayang baru saja lulus kuliah di Belanda. Melalui PT Isya Jaya, ia memulai usaha di Indonesia, tepat setelah bom Bali I meletus. Saat itu ia menawarkan jasa pembuatan situs e-commerce. Pada ahun 2005, Arnold memulai bisnis jual beli secara online.Ia menyiapkan konsep Tokobagus.com dan mulai membangun Tokobagus.com. Tahun 2008 Arnold mendapat investor yang kemudian menjadi mitranya. Bersama dengan mitra barunya, di tahun yang sama mereka pindah ke Jakarta dan mendirikan PT Tokobagus.
OLX Indonesia menyediakan berbagai pilihan barang dan jasa, baik baru maupun bekas, dan bermacam alternatif yang mencakup seluruh daerah di Indonesia.Namun, Kemungkinan terjadinya berbagai macam penipuan sangat besar karena penyediaan layanannya yang gratis dan terbuka untuk umum.
Terdapat lima tips transaksi yang aman di OLX Indonesia:
Ø  Gunakan Akal Sehat Anda
Ø  Memilih Penjual Terpercaya
Ø  Lakukan Riset Sederhana
Ø  Cara Pembayaran
Ø  Hubungi Tim Support OLX Indonesia
Teknologi informasi (TI) akan memiliki peran penting dalam mendukung kesuksesan perubahan dan transformasi bisnis pada tahun depan.interaksi antara TI  dengan perusahaan akan menemui bentuk yang lebih pasti pada tahun depan. Teknologi akan tertanam dalam bagian dari operasi sehari-hari dan memiliki peran nyata dalam kesuksesan bisnis.infrastuktur fisik akan memiliki peran sangat besar dalam menyatukan dunia nyata dan digital.Hal ini akan memperbaiki tingkat tanggapan dari pekerja lapangan guna memastikan pekerjaan terselesaikan seefisien mungkin. Dengan meningkatnya peran teknologi yang memainkan peranan penting dalam membantu bisnis mencapai keseimbangan tersebut, total biaya kepemilikan (total cost of ownership) menjadi hal yang sangat penting dipertimbangkan.
4.2.  Saran
·         Masyarakat Indonesia harus lebih dikenalkan oleh pengembangan teknologi berupa E-business dan E-commerce.
·         Jaringan internet di Indonesia harus ditingkatkan guna mendukung berjalannya E-business dan E-commerce dengan baik.
·         Perusahaan Olx.co.id harus terus meningkatkan kualitasnya agar tidak tergeser oleh munculnya perusahaan jual beli online lainnya.
·         Perusahaan Olx.co.id harus terus menambah pangsa pasar






















DAFTAR PUSTAKA
McLeod, Raymond.1996.Sistem Informasi Manajemen.Jakarta:PT Prenhallindo.


1 komentar: