Pages

Senin, 08 Agustus 2016

PERANAN DAN DAMPAK DARI ILMU ALAMIAH DAN TEKNOLOGI



A.    Peranan Ilmu Alamiah dan Teknologi
            Dalam kehidupan manusia dewasa ini tidak terlepas dari ilmu alamiah dan ilmu terapannya berupa teknologi dalam berbagai bidang. Ilmu alamiah murni memang tidak langsung mempunyai peranan dalam kehidupan manusia secara langsung, tetapi antara ilmu murni dan ilmu terapan (teknologi) mempunyai hubungan yang erat.
1.      Materi
Manusia dalam hidup ini memerlukan materi , baik yang biotis maupun nonbiotis. Materi biotis dari bahan benda hidup berupa protein, sedangkan materi nonbiotis mulai dari gas oksigen sampai benda-benda yang kita pakai sehari-hari. Benda-benda itu merupakan hasil olahan melalui teknologi, misalnya materi zat besi dapat menjadi kendaraan atau benda lainnya.
2.      Energi
Energi berwujud dalam berbagai bentuk, yakni dalam bentuk panas, gerak (mekanik), cahaya, kimia, energi nuklir, dan sebagainya. Disamping itu, energi dapat berubah-ubah bentuk.
a.       Energi Listrik
1)      Prinsip Pembangkit Listrik Tenaga Air
2)      Prinsip Pembangkit Listrik Tenaga Diesel
3)      Prinsip Tenaga Listrik Tenaga Nuklir
4)      Komputer
Komputer merupakan hasil pengembangan lebih lanjut dari perkembangan listrik (elektronika).
Dari komputer manusia dapat mengembangkan alat lainnya, berikut contohnya.
a)      Telepon Ensiklopedia
b)      Robot Pelayan Rumah Tangga
c)      Nasehat Dokter Melalui Telepon
d)     Berbelanja Melalui Telepon/Internet
e)      Pusat Informatika
f)       Komputer Simulasi
g)      Robot Pekerja
h)      Robot untuk Keperluan Percobaan Ilmiah
i)        Komputer Analisis untuk Berbagai Keperluan
b.      Energi Nuklir
1)      Pengaruh Radiasi Terhadap Makhluk Hidup
a)      Kematian
b)      Hambatan Pertumbuhan
c)      Perubahan Sifat-sifat Genetis
2)      Nuklir untuk Pemuliaan Padi dan Tumbuhan Lain
3)      Nuklir untuk Industri
a)      Industri kayu
b)      Serat tekstil
c)      Industri kulit
d)     Industri Pengawetan Makanan
4)      Nuklir untuk Kesehatan
5)      Nuklir dalam Industri Radiografi
6)      Nuklir dalam Hidrologi
7)      Nuklir untuk Studi Pencemaran Lingkungan
3.      Mesin
      Dalam industri dan transportasi digunakan berbagai mesin, dan mesin itu dapat dibedakan sehubungan dengan pemakaian bahan bakar atau energi yang dipakai.
a.       Mesin Premium
b.      Mesin Diesel
c.       Mesin Uap
d.      Mesin Jet
4.      Komunikasi
Berkomunikasi merupakan salah satu kebutuhan manusia. Untuk itu, ilmu alamiah dengan teknologinya telah menyumbangkan berbagai alat komunikasi, diantaranya :
a.       Percetakan
b.      Telegraf
c.       Telepon
d.      Radio
e.       Bioskop atau Gambar Hidup
f.       Televisi
g.      Satelit Komunikasi
5.      Bioteknologi
Dalam rangka memenuhi dan meningkatkan mutu kebutuhan hidup, manusia memanfaatkan biologi terapan yang digabungkan dengan teknologi modern sehingga tercipta ilmu baru yang terkenal dengan sebutan Bioteknologi atau Biomasadepan.
a.       Bioteknologi Kedokteran
1)      Sinar-X telah lama dikenal dalam radiologi pada pengambilan foto paru-paru, jantung, lambung dan sebagainya.
2)      Sinar Laser digunakan untuk operasi alat-alat dalam tubuh manusia.
3)      Sinar Radioaktif dimanfaatkan untuk menyucihamakan alat-alat kedokteran, misalnya alat suntik, pisau, dan gunting bedah.
4)      Bank sperma beku dan bayi tabung secara ilmiah telah banyak dilakukan di negara yang menganut kebebasan.
5)      Pencangkokan alat-alat tubuh yang dalam keadaan biasa akan selalu ditolak, karena alat orang lain itu merupakan benda asing bagi pasien, tetapi melalui bioteknologi denagn perantaraan agen pencangkokan dapat dilaksanakan dengan baik.
6)      Dengan rekayasa genetika, dapat diciptakan vaksin yang dapat menghasilkan zat immunoglobulin (zat kebal) terhadap beberapa penyakit, misalnya hepatitis, kanker hati dan lepra.
7)      Melalui rekayasa genetika, para ahli berhasil menyembuhkan penderita hemofili, yaitu penyakit turunan yang mengakibatkan darah penderita sukar membeku.
b.      Bioteknologi Farmasi
Dalam memerangi penyakit-penyakit yang disebabkan oleh antigen atau bibit penyakit digunakanlah berbagai macam obat, yang pada zaman dahulu berupa ramuan beberapa macam tumbuhan yang berupa sari atau ekstrak, tetapi pada saat ini sesuai dengan kemajuan teknologi dibuat zat sintetis dan pada saat mutakhir, melalui biologi molekular dan rekayasa genetika, tubuh dipacu untuk memproduksi obat-obatan sendiri. Obat-obatan hasil bioteknologi tersebut antara lain humulin untuk diabetes, protopin yang merupakan hormon pertumbuhan untuk memperbaiki anak-anak yang mengalami keterbelakangan pertumbuhan alfainterferon untuk pengobatan sejenis leukimia, dan sebagainya.
c.       Bioteknologi Pertanian
Dalam rangka mencukupi pangan penduduk dunia yang bertambah terus, maka produksi pangan secara konvensional tidak dapat mengejarnya. Oleh karena itu, dicari jalan melalui bioteknologi pertanian yang antara lain :
1)      Penggunaan hormon pertumbuhan yang mengubah tumbuhan dari diploidi menjadi poliploidi sehingga dihasilkan produk yang “raksasa”.
2)      Kultur jaringan, melalui kultur jaringan akan diperoleh tumbuhan baru dengan cepat dan segera berbunga. Dalam mempercepat pembibitan tumbuhan, kultur jaringan lebih cepat tiga puluh kali dari pada cara tradisional. Dengan demikian, dapat mengatasi kekurangan dan keterlambatan bibit dalam masa tanam dan juga meningkatkan kuantitas panen.
3)      Rekayasa genetika tumbuhan dapat menciptakan tumbuhan yang dapat membentuk racun sendiri dari serangan insekta yang hendak memakannya.
d.      Bioteknologi Peternakan
Seperti halnya tumbuhan, hewan ternak diperlukan juga dalam memenuhi kebutuhan pangan manusia. para ahli peternakan juga memnafaatkan bioteknologi peternaka, yakni penerapan rekayasa genetika melalui dua tahap, yaitu :
1)      Untuk memproduksi obat dan vaksin serta hormon pertumbuhan ternak.
2)      Melibatkan hewan dapat tumbuh lebih cepat dan makannya lebih sedikit, atau menjadi ternak yang lebih unggul.
B.     Dampak Ilmu Alamiah dan Teknologi
1.      Dampak Ilmu Alamiah dan Teknologi terhadap Kebutuhan Pokok
a.       Sandang
Ilmu alamiah dan teknologi telah banyak sumbangannya dalam bidang sandang. Andaikata tidak, kita barangkali masih hidup dalam zama purba dimana manusia masih menggunakan kulit kayu atau daun-daunan sebagai penutup tubuh kita.
b.      Papan
Manusia oleh Tuhan diberi karunia keunggulan berupa akal dan budi. Dengan akal inilah manusia dapat menyempurnakan rumah tinggalnya dari gua-gua alami ke pohon-pohon, kemudian berkembang lagi menjadi rumah diatas tiang-tiang penyangga dan lebih maju lagi pada masa kini kita telah mampu membuat rumah tembok hingga gedung-gedung pencakar langit yang menjulang tinggi ke angkasa.
c.       Pangan
Dampak positif ilmu alamiah dan teknologi dikemukakan dimuka, misalnya dalam memperoleh bibit unggul yang banyak produksinya dalam waktu yang relatif singkat melalui nuklir.
Dampak negatif ilmu alamiah dan teknologi, misalnya pemakaian racun pemberantas hama tumbuhan ternyata tidak saja dapat memberantas hama, tetapi juga membunuh hewan ternak, meracuni hasil panen, dan meracuni manusia itu sendiri.
2.      Dampak Ilmu Alamiah dan Teknologi terhadap Sumber Daya Alam
a.       Minyak Bumi
Minyak bumi pada saat ini masih merupakan sumber daya alam yang paling utama untuk memenuhi kebutuhan energi dunia. Hal ini dapat kita saksikan bahwa segala mesin, misalnya mesin dalam berbagai pabrik, mobil, ban, truk, kereta api, kapal laut, dan pesawat terbang, semuanya menggunakan minyak bumi sebagai bahan bakar. Kita juga mengetahui bahwa minyak bumi merupakan sumber daya yang tidak dapat diperbarui, artinya sekali pakai habis. Penggalian minyak bumi membawa akibat polusi daerah sekitarnya karena tumpahan minyak bumi  itu jelas merusak tumbuhan atau hewan yang hidup di daerah itu. Tentu saja, dampak itu ada juga yang sampai pada manusia.
b.      Batubara
Penambang batubara menimbulkan dampak negatif, misalnya cacing tambang dan marabahaya yang mungkin menimpa manusia-manusia penambang karena gas oksigen dalam tambang itu sangat terbatas, yang banyak adalah gas-gas bumi yang menyesakkan napas yang mungkin mengandung CO, sulfur oksida. Pengangkutan batubara dari satu tempat ke tempat lain juga mengganggu lingkungan karena kemungkinan tumpah.
c.       Air
Walaupun air merupakan sumber daya alam yang dapat diperbarui artinya setelah dipakai dapat dibersihkan kembali, tetapi pembersihan itu tidak selalu sempurna sehingga lama-kelamaan air bersih yang kita perlukan semakin hari semakin menurun kuantitas dan kualitasnya.
d.      Hutan, Hewan, dan Ternak
Hutan, hewan dan ternak merupakan sumber daya yang dapat diperbarui, tetapi teknologi modern dapat mengakibatkan sumber daya alam tersebut menjadi tidak berdaya atau tidak dapat diperbarui.
e.       Tanah
Tanah pertanian sebagai sumber daya daya sebenarnya dapat diperbarui, artinya tanah itu dapat digunakan berulang-ulang bila dipelihara baik-baik, namun seperti halnya sumber daya alam lain yang dapat diperbarui, bila pemakaiannya melampaui batas juga dapat menjadi rusak, artinya tidak dapat digunakan lahi sebagai lahan pertanian.
f.       Sumber Daya Zat Radioaktif
Zat-zat radioaktif merupakan sumber daya alam yang sangat penting karena zat ini dapat ikut menentukan nasib manusia di masa mendatang. Zat radioaktif mempunyai sifat khas, yaitu selalu mengeluarkan sinar yang tidak tampak oleh mata. Sinar yang timbul dari zat radioaktif itu ada tiga macam, yaitu sinar @ (alpha) yang bermuatan listrik positif, sinar B (beta) yang bermuatan listrik negatif, dan sinar Y (gamma) yang tidak bermuatan listrik. Namun, sinar gamma inilah yang sangat berbahaya karena dapat menembus apa saja yang menghalanginya karena panjang gelombangnya pendek. Molekul-molekul yang netral akan dapat berubah menjadi ion-ion yang bermuatan listrik jika terkena sinar gamma. Sinar ini pulalah yang dapat merusak susunan kromosom atau gen dalam inti sel sehingga keturunannya menjadi bervariasi.
3.      Dampak ilmu Alamiah dan Teknologi terhadap Industri
      Manusia membutuhkan berbagai macam barang untuk memenuhi kebutuhannya. Pada mulanya, barang-barang itu dibuat secara sederhana. Kemudian, dengan kemampuan berpikir manusia dapat menciptakan mesin-mesin untuk membuat barang-barang itu lebih baik dan lebih cepat. Mesin-mesin hasil ilmu alamiah dan teknologi itu banyak membantu manusia dalam memperoleh barang kebutuhannya, tetapi setiap kali ada keuntungan ternyata selalu ada kerugiannya. Maka, bila manusia tidak berhati-hati dalam menggunakan mesin-mesin industri akan membawa dampak negatif.
4.      Dampak Ilmu Alamiah dan Teknologi terhadap Transportasi dan Komunikasi
a.       Transportasi
Ilmu alamiah dan teknologi telah memberikan sumbangan yang besar dalam bidang transportasi , misalnya mobil, kerta api, kapal laut, pesawat terbang, dan sebagainya. Dengan kendaraan-kendaraan itu kita dapat mengunjungi saudara kita yang berada di kota lain dengan hanya memerlukan waktu yang singkat.
b.      Komunikasi
Sebagaimana telah diuraikan di muka bahwa ilmu alamiah dan teknologi memberikan sumbangan yang besar sekali pada komunikasi. Di negara-negara maju, pembicaraan telepon disertai gambar yang diajak bicara, seolah-olah dua orang itu berbicara dengan bertemu muka. Denagn bantuan ilmu alamiah dan teknologi manusia memang benar-benar lebih mudah mengadakan komunikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar